Sabtu, 20 Jul 2024
  • Website SMPN 9 Madiun kembali lagi dengan semangat baru

GIAT MENULIS SERENTAK

Kata orang menulis itu susah. Sementara ada juga yang mengatakan menulis itu gampang-gampang susah, bahkan ada yang mengatakan menulis itu gampang. Lantas yang benar bagaimana?

Untuk menjawab pertanyaan ini hanya orang yang pernah terlibat secara real dalam kegiatan menulis. Bagi orang yang sudah terbiasa menulis dan sudah bisa menikmati kegiatan menulis mereka akan mengatakan bahwa menulis itu gampang. Sementara itu bagi yang belum pernah menulis akan berkata menulis itu susah. Kelompok ini tak pernah menulis sesuatu maka tak menghasilkan sesuatu. Bagaimana mereka bisa menilai terhadap sesuatu yang belum ada hasilnya.

Sementara itu bagi kelompok yang mengatakan menulis itu gampang-gampang susah, mereka ini ini adaah orang-orang yang setengah hati terlibat dalam kegiatan menulis. Mereka sudah mencoba menulis tetapi tidak sampai akhir. Di tengah perjalanan berhenti karena suatu hal. Bisa karena kehabisan ide, asyik dengan hal lain atau memang frustasi dengan hasil tulisannya.

Maka dari itu agar bisa mengatakan menulis itu gampang bahkan mengasyikkan, mau tidak mau ya harus mau menulis. Inilah yang ingin dilakukan di SMP Negeri 9 Madiun. Sekolah mengajak anak-anak untuk terbiasa mengungkapkan pikiran, perasaan, imaginasi dan kreasi mereka dalam bentuk tulisan.

Spesial di hari Selasa, 7 November 2022 para siswa SMP Negeri 9 Madiun melaksanakan kegiatan menulis serentak. Kali ini mereka diajak untuk menulis sebuah cerita fantasi. Guna memudahkan para siswa menemukan dan mengembangkan alur cerita, mereka telah disediakan gambar berseri. Telah disediakan sekitar 25 pilihan gambar berseri. Mereka boleh memilih salah satu gambar yang menarik baginya. Ada gambar yang bernuansa fabel atau gambar-gambar binatang, ada juga peri-peri di istana atau taman bunga, permainan dan beragam tema cerita lainnya.

Bagi siswa kelas 9 disarankan menulis ceritanya dengan menggunakan laptop dari pemerintah Kota Madiun. Di samping lebih mudah pengoperasiannya mereka diajak agar terbiasa menggunakan laptop/ komputer dalam kegiatan belajarnya. Sementara itu siswa kelas 7 dan 8 menuliskannya di ponsel atau smartphone mereka dengan aplikasi WPS Office.

Usai menulis para siswa harus mengirimkan hasilnya di kantong-kantong tugas sesuai kelas masing-masing melalui Googledrive yang telah tersedia. Akhirnya mereka bisa. Di kantong-kantong tugas telah terisi cerita-cerita menarik hasil karya anak-anak. Sesuatu yang membanggakan tentunya. Mari kita katakan bahwa menulis itu gampang. Mau kapan lagi kalau tidak mulai dari sekarang?

 

Kontributor : Marji

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR