Kamis, 20 Jun 2024
  • Website SMPN 9 Madiun kembali lagi dengan semangat baru

Giat P5 dengan MANTRA9

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  dalam Kurikulum Merdeka adalah projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat maupun berbasis masalah di lingkungan sekolah.
projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan:

  1. mendorong siswa jadi pembelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila;
  2. memberi kesempatan bagi siswa untuk mengalami pengetahuan sambil menguatkan karakter dan belajar dari lingkungan sekitar; serta
  3. menginspirasi siswa untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitar.

Adapun tujuan dari P5 Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut:

  1. Membantu guru dalam menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur siswa sebagaimana yang diejawantahkan dalam Profil Pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran.
  2. Menemukan jawaban atas banyaknya pertanyaan tentang peserta didik dengan kompetensi seperti yang diharapkan oleh sistem pendidikan Indonesia.
  3. Bagi satuan pendidikan, P5 dapat membantu mengembangkan modul proyek sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, atau menggunakan modul proyek yang disediakan sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik.

Guna tercapainya tujuan dimaksud maka SMP Negeri 9 Madiun menyelenggarakan kegiatan P5 bagi siswa kelas 7. Kegiatan P5 bagi kelas 7 kali ini mengangkat Tema permainan tradisional (mantra 9). Ada aneka kegiatan yang dikemas dalam tema ini yakni permainaan egrang, bakiak, gasing dan bekel. Tentu saja permainan ini masih terasa asing untuk Sebagian besar siswa. Makhlum mereka lebih tertarik mempermainkan gawainya daripada permainan tradisional ini.

Ketika diperkenalkan dan mereka diberi kesempatan berlatih, anak-anak baru merasakan betapa asyik dan menantangnya permainan itu. Permaianan egrang dilakukan secara pribadi namun tiap kelas wajib mengirimkan 4 personil gabungan antara putra dan putri. Permainan dilakukan di halaman sekolah. Tekniknya estafet secara bergantian antara putra dan putri. Kelas yang paling sedikit jatuh dan waktu paling singkat dinyatakan sebagai pemenang.

Permainan bakiak tak kalah hebohnya. Teknik permainan dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 4 siswa. Masing-masing kelas mengirim 2 kelompok putra dan putri. Teknik permainan hampIr serupa dengan permainan egrang yakni estafet.

Permainan gasing karena membutuhkan area yang rata dan halus pelaksanaan dilakukan di lab IPA. Demikian pula permainan bekel. Permainan bekel dilakukan di ruang aula. Tiap kelas mengirim 3 siswa untuk berkompetisi.

Siswa yang tidak terlibat langsung mendapat tugas sebagai doKumenter. Hasil dokumentasi ini sebagai pelengkap dalam menyusun laporan. Tiap-tiap kelompok diwajibkan menyusun laporan kegiatan terkait pelaksanaan kegiatan P5 ini.

“Asyik juga ya permainan ini” kata salah satu siswa yang tak mau disebutkan Namanya.

 

Post Terkait

LOMBA TINGKAT 2
27 Jul 2022

LOMBA TINGKAT 2

0 Komentar

KELUAR